Senin, 19 Januari 2015

Rasa Gak Enak Sehabis Makan?

Anak Mengeluh Setelah Makan?

Haii lagi.. Udah pernah baca posting saya sebelumnya soal alergi susu sapi? Nah, yang ini gak begitu beda jauh sama postingan itu, kenapa? Karena kali ini saya akan membahas soal alergi makanan..! Pastinya kali ini semua udah pada tau kan apa sih alergi makanan? Jadi, alergi makanan itu adalah reaksi imun yang menyimpang dan merupakan reaksi hipersensitivitas tipe I (Harsono A, 2010). Ini merupakan reaksi alergi yang biasanya timbul pada orang-orang yang memang sensitif pada makanan tertentu.
https://visualsonline.cancer.gov/retrieve.cfm?imageid=2397&dpi=300&fileformat=jpg
Apa sih sebabnya orang bisa kena alergi? Umumnya ini disebabkan karena faktor genetik, imaturitas usus, ataupun terkena alergen yang memicu timbulnya alergi. Kalau faktor genetik mungkin jawabannya sudah jelas adalah karena keturunan ya :), selanjutnya yaitu karena imaturitas usus dimana pertahanan usus terhadap masuknya alergen dalam tubuh masih lemah dan gagal berfungsi, kok bisa? Ini disebabkan karena imaturitas tadi ya.. :) Nah, yang terakhir atau yang ketiga ini atau juga bisa dibilang penyebab segalanya terjadi (hahaha) yaitu paparan alergen yang berhasil masuk dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya reaksi pertahanan tubuh secara berlebih oleh karena benda asing (alergen) tersebut, yang sayangnya juga (karena reaksi pertahanan berlebih) menimbulkan dampak bagi tubuh yaitu alergi (Harsono A, 2010) :) :)..

Apa sih tanda alergi makanan?
Biasanya alergi makanan ini bisa cepat disadari sendiri loh kalau reaksi yang ditimbulkan saat itu cepat (jadi bisa curhat sewaktu alerginya muncul.. hehe).. Ada juga reaksi alergi makanan yang gak langsung muncul setelah makan, yang satu ini biasanya susah disadari oleh orang yang punya alergi makanan itu sendiri loh, jadi sebaiknya bawa aja ke dokter ya :) (Tripathi A, 2015). Pada anak-anak gejala alergi ini biasanya sudah dijumpai semenjak bayi (baca alergi susu sapi), contoh yang paling sering yaitu sewaktu makan udang kulit akan menjadi kemerahan dan gatal (urtikaria), atau juga alergi makanan dimana ada rasa sesak napas setelah makan kacang tanah. Tapi yang pasti ini semua cuma terjadi pada orang-orang tertentu yang memang punya alergi pada makanan ya :)
Ada lagi, gejala alergi ini juga berbeda-beda pada tiap orang loh, dan juga bisa berbeda-beda setiap muncul alerginya seperti gatal-gatal, bengkak yang muncul secara mendadak pada wajah, sesak napas, nyeri perut atau mual-mual, kembung, dan yang berbahaya adalah reaksi anafilaktik karena gejala klinis yang terjadi pada jantung. (Harsono A, 2010) Nah buat reaksi anafilaktik ini gak boleh dianggap enteng ya karena ini berbahaya dan bisa berlanjut ke reaksi syok anafilaktik yang bisa menyebabkan kematian..!! :(

http://www.infogizi.com/wp-content/uploads/2013/06/
Makanan apa yang biasanya jadi tren alergi?
Makanan yang biasanya menimbulkan alergi (cuma pada orang-orang tertentu) yaitu kacang, ikan laut, udang, susu sapi, telur, kacang kedelai. Makanan-makanan diatas sering menimbulkan reaksi anafilaktik (timbulnya gejala klinis seperti diatas minimal dua gejala) yang timbul sesaat setelah makan (Harsono A, 2010).

Apa yang harus dilakukan kalau alergi?
1. Nah, kalau buat yang satu ini pasti udah jelas kan? Jangan dimakan..! :)
2. Tapi apa boleh buat ya kalau reaksi alergi udah muncul lebih dulu, biasanya sih sewaktu reaksi alergi ini muncul (kalau reaksinya ringan) bisa diberikan obat antihistamin (sebut merk: CTM, baca aturan pakai ya) kalau sering kambuh (sebut merk : cetirizine) dan juga antiinflamasi (sebut merk: Deksametasone) harus dengan resep dokter kalau yang satu ini :).. Sebelum konsumsi obat sebaiknya konsultasi ke dokter ya :)
3. Yang terakhir kalau ada tanda-tanda anafilaktik bisa langsung dibawa ke unit gawat darurat ya.. SEGERA..!! :)
4. Sebaiknya langsung saja konsultasikan ke dokter kalau-kalau ada kecurigaan soal alergi makanan dan jangan lupa tanya dokter soal apa yang harus dilakukan ya :) :)
5. Kalau anak alergi sebaiknya pelajari apa yang harus dilakukan ya :), kalau kamu alergi juga sama sih.. Hehehe..
6. Pilih-pilih kalau mau makan ya :d

Yap, kali ini mungkin singkat aja ya.. Hehehe.. Semoga bermanfaat informasinya, ditunggu kritik, pesan, dan sarannya ya..! :) Terimakasih..! :) :)

Sumber :
  Harsono A. Buku Ajar Alergi-Imunologi Anak, ed2. Akib AAP, Munasi Z, Kurniati N; 2010, hal 269. 
  Tripathi A, Commins SP, Heymann PW, Platts-Mills TA. Diagnostic and experimental food challenges in patients with nonimmediate reactions to food. J Allergy Clin Immunol. 2015 Jan 12. pii: S0091-6749(14)01735-7. doi: 10.1016/j.jaci.2014.11.032. 
  Pengalaman pribadi :x

0 komentar:

Posting Komentar