Senin, 12 Januari 2015

Jerawatan??

Jerawat? Mungkin Dia Pingin Disayang?? :)

Halooo, sesuai judul nih, kali ini saya mau berbagi karena kebetulan tadi siang baru belajar soal ini.. Hehehe.. Kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang sangat amat mengganggu kita dimasa muda dan penuh gairah ini ya :d Apa sih itu?? Namanya... JERAWAT... duh kayaknya ini jadi masalah banyak orang yah? Mungkin bisa dibilang saya salah satunya? Hahaha.. Yap, kali ini saya akan membahas tentang jerawat atau dengan nama kerennya disebut Acne Vulgaris, kenapa orang bisa punya jerawat? Apa sih yang harus dilakukan dengan si jerawat? Kenapa dibilang jerawat harus disayang-sayang? Kan kotor.... Nahh, yuk kita bahas tentang si acne vulgaris ini.. :)
http://www.keepurhealth.com/combination-therapy-to-treat-acne-vulgaris/
Semua pasti dah tau kan apa itu jerawat? Pasti dong karena itu melekat di kehidupan kita sekalian kan terkadang? Nah yang mau saya bahas disini itu jelas adalah cara kita 'menyayangi' jerawat.. Loh kok disayang? Yap.. Jerawat itu gak boleh dimacem-macemin loh, kalau kita coba-coba macem-macem tanpa tau apa-apa nantinya yang ada malah semakin parah jerawatnya..

Kenali ciri timbulnya jerawat!
Pertama-tama.. Pastikan itu adalah jerawat, dengan ciri-ciri adanya komedo, komedo ini jadi pertanda akan timbulnya jerawat loh :)
Komedo itu apa? Komedo itu seperti bintik-bintik yang hitam ataupun putih kecil-kecil pada wajah, bagian dada ataupun punggung dimana nantinya dia akan berkembang menjadi jerawat. Pada usia remaja atau pubertas, hal ini biasa karena pengaruh dari meningkatnya jumlah hormon dalam tubuh kita..

Kok orang bisa beda-beda sih ada yang punya jerawat banyak tapi ada juga yang mulus-mulus aja?
Sebenarnya banyak juga hal yang bisa menimbulkan jerawat pada orang-orang.. Namun pengaruh parah tidaknya jerawat juga berbeda pada tiap orang loh, ini bisa dikarenakan oleh hal-hal berikut :
1. kondisi hormonal tiap orang yang berbeda
2. penggunaan kosmetika (cocok / tidak cocok)
3. mencuci muka berlebihan pada bagian yang ada jerawatnya (digosok-gosok)
4. penggunaan obat-obatan yang menimbulkan jerawat

Disamping hal-hal diatas, jerawat dibagi dalam tiga tingkatan loh.. Pertama yaitu jerawat dengan komedo, kedua adalah jerawat yang sudah meninggi (mulai melenting), dan ketiga adalah campuran dari kedua tersebut diatas.. Nah dari ketiga jenis itu, perlakuannya juga berbeda-beda loh.. Tapi yang paling parah adalah yang ketiga tadi, nah jika mengalami jerawat yang parah sebaiknya langsung dibawa ke ahlinya saja ya :) Jangan sampai salah perlakuan dan semakin menjadi loh.. Karena jerawat itu harus 'disayang'.... :| Untuk perkembangan komedo jadi jerawat mungkin bisa dilihat di gambar dibawah ini ya :)
http://www.keepurhealth.com/wp-content/uploads/2013/12/Acne-Vulgaris.jpg
Apa yang harus saya lakukan dengan si jerawat ini??
1. Sebenarnya menghindarkan diri dari makanan itu belum terbukti secara jelas apakah berpengaruh pada timbulnya jerawat. (Bisa sedikit lebih lega saat makan) :)
2. Menggosok jerawat baik itu saat cuci muka malah akan memperparah jerawat..
3. Sebaiknya menghindari penggunaan produk pada wajah yang mengakibatkan keringnya kulit dan atau menimbulkan komedo pada wajah.
4. Tanyakan pada dokter terpercaya Anda mengenai obat-obatan yang harus digunakan karena pengobatan tiap-tiap orang berbeda-beda... Kalau perlu konsultasi pada ahlinya dengan meluangkan waktu yang cukup lama ya :).
5. Sebisa mungkin cegah jerawat menjadi lebih parah karena itu akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan loh..
http://www.bloombeautyboutique.com.au/wp-content/uploads/2013/04/slideshow-11.jpg
Yapp.. Kira-kira begitu dulu dehh, siapa yang punya jerawat?? Jangan lupa 'disayang' ya :) Jangan sampai makin parah loh.. Sayangi dia biar cepat pergi..! Haha.. Mungkin sekian saja dari saya buat tulisan kali ini. Seperti biasa ditunggu komentar, pesan, dan kesannya ya.. :) Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat..! :)

Sumber : Pelajaran hari ini tentang Acne Vulgaris dari seorang dokter Sp.KK :)

0 komentar:

Posting Komentar