Senin, 22 Desember 2014

Influenza

Butuh yang Hangat-Hangat..?

Hai lagi..! Langsung aja deh (biasa juga gitu).. hari ini saya mau cerita-cerita dikit soal flu yang biasa kita alamin atau juga disebut influenza / flu.. Keren kan? (Apanya?) Hahaha.. Berhubung sekarang musim ujan yang biasanya juga jadi langganan orang-orang buat sekali lagi nyicip flu di cuaca yang kurang enak ini sambil minum teh manis, jadi saya mau bahas soal ini aja deh hahaha.. Jadi semuanya pasti dah tau kan apa itu influenza? Pernah ngerasa sakit tenggorokan, batuk kering, pilek, pegal-pegal, menggigil dan sampai demam? Mungkin kamu kena flu.. Minum *****... (bukan iklan).. Tanpa berpanjang-panjang yuk kita bahas soal common cold ini.. :)

http://img.ehowcdn.com/615x200/ehow/images/a01/vp/8m/cope-pneumonia-800x800.jpg
Pertama.. Kenapa sih bahas influenza? Gampang aja.. Soalnya ini penyakit langganan kan? Hehehe.. Menurut dr. Nelwan, biarpun ini penyakit yang ringan, tapi tetap berbahaya buat mereka yang usianya masih sangat muda dan orang dewasa yang punya masalah pada paru-paru atau jantungnya (Nelwan RHH, 2014). Sebenernya sih penyakit ini relatif bisa sembuh sendiri loh setelah 3-4 hari, tapi yang perlu diperhatiin itu pencegahannya.. Jangan sampai malah minum antibiotik padahal kamu cuma flu ya.. :)

Apa sih penyebab influenza?
Influenza biasanya disebabkan oleh virus, iya virus.. tapi virus apa? Jawabannya bisa banyak banget loh, ada sampai jutaan jenis virus yang menyebabkan influenza,  ini yang jadi alesan kenapa kamu gak boleh minum antibiotik karena virus gak bisa dibunuh sama antibiotik.. :) Lebih kompleksnya lagi influenza ini dibagi tiga macam penyebab dalam tiga tipe yaitu influenza tipe A, B, dan C. Tipe B diketahui menyebabkan penyakit yang umumnya lebih ringan daripada tipe A dan biasanya cuma muncul kadang-kadang (flu biasa), kalau tipe C sendiri berasal dari virus influenza yang masih diragukan bisa menginfeksi manusia. Jadi kalau kita flu, biasanya itu influenza tipe A atau B (Nelwan RHH, 2014), kamu mau yang mana? Kalau aku sih no.. :D

Loh kok bisa saya kena flu?
Sebagaimana virus punya banyak cara buat masuk tubuh kita, virus flu ini biasanya bisa berpindah-pindah lewat media tetesan air (droplet) yang keluar sewaktu batuk juga melalui sekresi dari hidung atau tenggorok yang melayang di udara (batuk atau bersin) (Nelwan RHH, 2014). Jadi kalau kamu kena flu itu mungkin karena kamu berada atau pernah ada disekitar orang yang memang kena flu. Nah sewaktu ketahanan tubuh kamu lemah, virus ini bisa mulai menyerang dan tadaaa.. jadilah flu.. Buat catatan, virus ini masuk lewat saluran napas kita loh, jadi kalau kamu flu sebaiknya kamu pakai masker ya.. Karena virus ini menyebar lewat udara :)

Saya harus apa kalau flu?
Yang pasti dan mungkin males buat dibaca juga sih, pastinya kalau kamu flu : 
1. Jangan lupa gunakan masker supaya kamu gak saling berbagi sakitnya.. :)
2. Gunakan hand sanitizer setelah atau sewaktu akan menyentuh wajah supaya virusnya keok sebelum bisa bebas berkelana..
3. Sebisa mungkin sih jangan menyentuh hidung atau mulut dulu..
4. Kalau bersin atau batuk jangan lupa ditutup, kalau bisa pakai tissue dan buang setelahnya, tapi kalau gak ada tissue bisa tutup dengan menggunakan lengan pakaian yang kamu pakai.
5. Sebisa mungkin jangan berjalan-jalan keluar dulu dan sebaiknya istirahat di kamar, selain supaya cepet sembuh, kamu juga mengurangi resiko menularkan virus ini ke  orang disekitar loh.. Lumayan buat amal :) Hehe..
6. Karena umumnya penyakit ini bisa sembuh sendiri, sebaiknya istirahat dan makan yang cukup ya.. Vitamin bisa membantu supaya cepat sembuh juga kok, lebih enak kalau dalam bentuk buah-buahan atau jus :)
7. Kalau DEMAM, kamu bisa minum obat yang dijual bebas kok seperti mixagrip, panadol, dll, yang pasti untuk menurunkan panas.. tapi cek juga komposisi obatnya dan JaNGAN minum Aspirin (liat komposisi) karena dalam beberapa kasus itu malah bisa memperparah.. :) (Vorvick LJ, 2013)

Perhatikan yang satu ini kalau flu..!
Biarpun flu bisa sembuh sendiri dalam waktu 3-4 hari tapi influenza punya penyakit lain yang bisa jadi KOMPLIKASI loh.. Apa aja sih komplikasinya? Komplikasi bisa berupa pneumonia, ensefalitis (jarang), meningitis (jarang) ataupun kejang-kejang(jarang).. Loh kok bisa? Umumnya ini perlu diperhatikan pada orang berusia lanjut (diatas 65 tahun) dimana virus influenza mungkin menginfeksi paru-paru, disamping itu bisa juga terjadi infeksi sekunder (menyusul setelah infeksi virusnya) yang disebabkan bakteri, ini bisa diliat dari batuk kering yang perlahan berubah jadi batuk berdahak dan kadang bisa terlihat bercak warna cokelat dan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi ada juga infeksi sekunder lain yang lebih berat dimana orang yang terinfeksi merasa sesak nafas, diare, batuk berdarah / bercak merah, sesudah influenza sembuh beberapa hari sebelumnya..

http://topnaturalremedies.net/wp-content/uploads/2014/08/Bacterial-Pneumonia-Istock-small.jpg
Curigai Flu Burung / Babi
Oh iya, kalau flu jangan lupa perhatikan juga sekitar kamu, kalau ada yang flu juga kira-kira darimana dia terkena flu? Apakah disana ada unggas / babi yang mati tiba-tiba? Kalau iya segera pergi ke rumah sakit ya dan ceritakan masalahmu.. Hehe.. :)

Pencegahan
Supaya gak kena flu, jangan lupa perhatikan hal-hal ini :
1. Bagi om-om atau tante-tante yang berusia diatas 65 tahun ataupun punya penyakit kronik seperti jantung, paru-paru, ataupun ginjal, diabetes, ketahanan tubuh lemah (HIV / AIDS) sebaiknya meminta untuk divaksi setiap tahunnya pada musim-musim flu seperti musim hujan sekarang ini :)
2. Buat yang bekerja di lingkungan rumah sakit seperti pelayan kesehatan juga dianjurkan buat divaksin karena ada kemungkinan menularkan penyakit ini :)
3. Ini yang paling mudah, jaga kebersihan dimanapun kamu berada :)

Hmm.. mungkin cukup sampai disini saja ya, karena cuma itu yang kepikiran buat ditulis tentang flu ini hehehe.. Terimakasih buat yang udah baca, semoga bermanfaat.. Jangan lupa beritau teman, kerabat, saudara, papi mami, opa oma, cucu cicit, dan yang lainnya ya supaya semuanya tetap sehat selalu.. Amin..! :)
Seeeperti biasa ditunggu komentar, kritik, dan sarannya ya..! Terimakasih :) :) :)

Sumber :
1. Nelwan RHH. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam 6th rev.ed. Setiati S. et al. Jakarta : Interna Publishing; 2014. 725p.
2. Vorvick LJ. Influenza A; Influenza B. A.D.A.M. Medical Encyclopedia. Diakses dari : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001144/#adam_000080.disease.causes
3. Watson S. Tips for Treating the Cold and Flu. WebMD Magazine. Smith MW. Diakses dari : http://www.webmd.com/cold-and-flu/features/tips-treating-cold-flu

0 komentar:

Posting Komentar